Belajar Tentang Fungsi Hosting

Fungsi Hosting

hosting

Apa itu Hosting?

Ehem, bagi kamu yang tidak tahu atau kepo mengenai fungsi hosting nya? Disini aku menulis artikel ini secara detail hanya kamu yang spesial. Janga baper ya? Oh ya apakah kamu tahu fungsi hosting itu berbeda dengan yang lain?

Kamu tertarik ya? Yuk, simak terus artikel ini! Sebelum mengetahuinya, kamu harus tahu arti hosting tersebut.

Hosting adalah suatu infrastruktur yang digunakan menyimpan data dari website atau aplikasi sehingga bisa mengakses internet baik untuk website perusahaan, website blog, website pribadi dan lainnya. Hostingan sendiri mempunyai kapasitas yang berbeda-beda dan disesuaikan kebutuhan kamu.

Kemudian, keunggulannya pun bermacam-macan. Coba kamu bayangkan hosting adalah rumah dari website yang menyimpan properti atau data rumah di dalamnya. Pasti kamu tertarik dengan satu ini. Yup, fungsi utama hosting.

Fungsi utama hosting ada tiga yaitu:

  1. Tempat menyimpan data
  2. Menjaga website atau aplikasi tetap online
  3. Alamat akses atau link website.

Untuk mendapatkan hosting terbagi lagi menjadi dua yaitu berbayar (harga normal atau harga murah) dan gratis. Banyak alasan setiap orang memakai hosting berbayar dikarenakan fitur-fitur di dalamnya lebih lengkap daripada hosting gratis.

Fungsi hosting selain membayangkannya sebagai rumah, kapasitas penyimpanan atau memori di hp sebagai fungsi hosting tersebut jika kamu mulai pusing memikirkannya.

Apa itu Domain?

Jangan lupa, domain. Tanpa domain maka hosting pun tidak bisa berjalan secara optimal. Domain adalah identitas website yang ada di internet dengan penggunaan nama domain kamu sendiri agar menjadi ciri khas website tersebut. Selain itu, domain merupakan pengingat untuk mempermudah akses ke internet.

Dalam memudahkan akses tersebut, domainlah memudahkan kamu mencarinya. Kamu tahu alamat ip kan? Aku akan memberikan dua pilihan yaitu mengingat nama domain dan mengingat alamat ip.

Sebagian orang akan memilih nama domain dan tidak memusingkan kepala jika kamu memilih alamat ip yang berisi kode-kode angka. Nama domain pun terbagi dua yaitu domain TLD dan domain ccTLD. Domain TLD adalah domain dengan mengakses secara umum dan domain ccTLD adalah domain yang bisa diakses di negara tertentu.

Fungsi Domain

Contoh domain TLD adalah domain .com, domain .org dan sebagainya sedangkan contoh domain cc TLD adalah .id adalah domain Indonesia, .RU untuk domain Rusia, .JP untuk domain Jepang dan sebagainya.

Fungsi domain adalah mengingat dalam mengakses sebuah website di internet dan membuat brand website yang nantinya dikenal oleh para calon pembeli saat berkunjung ke website kamu.

Bagaimana? Apakah kamu sudah tahu mengenai fungsi hosting sekaligus domain nya? Ehem, sekarang bangkitkan rasa kepercayaan kamu mencari hosting dan domain untuk memudahkan kamu sesuai kebutuhan.

Entah itu menjadikan tempat bisnis, lowongan pekerjaan atau freelance, tempat memberikan info terupdate seperti artikel, tempat mengasah kemampua dalam bidang menulis, menjual produk-produk berbagai bidang dan lain-lain.

Kamu akan termotivasi membuatnya sehingga kamu mengetahui kemampuan apa saja kamu dapatkan. Jika kamu seorang vlog atau membuat blog pribadi, berkaryalah terus!

Jika kamu berbakat menulis dalam artikel, cerpen, novel, puisi, esai. Buat buku matapelajaran yang lebih mudah atau mencetak buku pelajaran hasil karya sendiri maka kamu berjuang membuatnya.

Untuk mencari penghasilan, datanglah beberapa website atau kamu yang menyediakan website tersebut untuk memudahkan kamu mencari worker yang setia membantu kamu kapapun dan dimanapu. Semuanya bisa mudah didapatkan hanya bermodal hosting dan domain aja loh!

Demikia artikel ini semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membacanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *