7 Cara Terbukti Menghasilkan Uang dari Blog

uang 1
Uang (source: pixabay.com)

Siapa yang tidak mau jika aktivitas onlinenya mendatangkan pundi-pundi uang? Tentu saja tidak ada orang yang menolak uang tersebut, mau sekaya apapun orang itu. 

Kita tarik dulu mengenai blog. 30% lebih situs web yang ada menggunakan WordPress sebagai platformnya. Dengan angka yang besar tersebut, maka menggunakan WordPress dan blog tentu saja dapat membantu Anda untuk menghasilkan uang secara online. 

Apa untungnya jika kita menggeluti dunia ini? Tentu saja Anda memiliki jam kerja yang bebas sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga dapat bekerja dari rumah, serta tidak ada batasan uang yang akan Anda hasilkan. Mantap bukan? 

Nah, artikel ini membahas mengenai 7 cara yang sudah terbukti dapat membantu Anda untuk mendapatkan uang. Eits, bukan berarti Anda akan mendapatkan uang secara instan. Perlu usaha, tekad, dan juga modal. Modalnya yaitu Anda harus memiliki blog WordPress yang berada di hosting Anda sendiri. 

Berikut beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan uang dari blog: 

Menghasilkan uang dengan pemasaran afiliasi WordPress

Pemasaran afiliasi merupakan salah satu teknik pemasaran berbasis kinerja dengan menghargai setiap pelanggan yang datang dari pihak afiliasi tersebut. Misalnya Anda merupakan salah satu pegawai bank, dan Anda menawarkan ke teman untuk membuka rekening di cabang bank tempat Anda bekerja. Setiap kali ada orang yang datang untuk membuka rekening karena ajakan Anda, maka Anda mendapatkan bonus maupun hadiah akan hal tersebut. 

Pemasaran seperti ini dapat Anda terapkan untuk mendapatkan uang secara online. Anda dapat merekomendasikan sebuah produk atau layanan kepada pengunjung dengan tautan khusus. Jika mereka menggunakan produk atau layanan tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi. 

Jika Anda berminat, ada banyak produk serta layanan online yang menerapkan pemasaran afiliasi ini. Anda dapat mulai dengan memikirkan produk apa yang sudah Anda gunakan yang mungkin juga menarik bagi orang lain. Setelah itu, lihat apakah mereka tergabung dalam program afiliasi tersebut atau tidak. 

Setelah Anda menemukan produk untuk dipromosikan, langkah selanjutnya yaitu Anda dapat menggunakan plugin WordPress seperti PrettyLinks untuk mengelola tautan khusus. Dengan menggunakan plugin tersebut, Anda dapat dengan mudah memasukkan tautan ke dalam sebuah postingan, mengganti kata kunci secara otomatis, bahkan melihat kinerja setiap tautan pada situs Anda. 

Pemasaran afiliasi ini merupakan cara termudah untuk menghasilkan uang. Hampir setiap toko populer seperti Amazon memiliki program afiliasi yang dapat Anda ikuti. 

Tampilkan Google AdSense di WordPress

Google Adsense merupakan produk dari Google yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan uang dari blog. Hal yang Anda perlu lakukan yaitu menambahkan skrip dari Google ke situs web Anda dan mulai menampilkan iklan. 

Anda akan mendapatkan uang setiap kali pengunjung mengklik iklan tersebut. Besarnya uang yang Anda dapatkan tergantung dari biaya per klik yang ditentukan oleh pengiklan.

Memanfaatkan Google AdSense merupakan langkah awal yang tepat bagi Anda yang baru belajar website namun tetap ingin menghasilkan. 

Gunakan plugin periklanan WordPress untuk menjual iklan secara langsung

Setelah Anda menggunakan Google Adsense, mungkin Anda merasa bahwa hasil yang Anda peroleh terbatas. Kemungkinan besar hal ini karena biaya per klik iklan yang bervariasi. 

Cara mendapatkan uang selanjutnya yaitu dengan menjual ruang untuk iklan secara langsung pada situs web Anda. Dengan begitu, uang yang Anda peroleh tidak akan dipotong oleh pihak perantara dan Anda menentukan harga dan persyaratan sendiri. 

Biasanya, para pemilik situs memanfaatkan teknik ini untuk menetapkan harga tetap. Menetapkan harga tetap merupakan pilihan yang tepat karena Anda tidak perlu melacak setiap kali iklan di klik. 

Bayaran yang Anda dapatkan tentu saja lebih besar daripada Google Adsense, namun prosesnya juga membutuhkan tenaga ekstra. Berbeda dengan Google Adsense yang mudah, dengan iklan langsung Anda perlu menambahkan sedikit kode ke situs web Anda. Selain itu, Anda juga harus menegosiasikan harga, membuat perjanjian dan persyaratan, serta mengurus pekerjaan administrasi seperti pembuatan faktur. 

Anda tidak perlu khawatir dengan rentetan proses tersebut. karena saat ini sudah ada plugin manajemen iklan WordPress yaitu AdSanity. AdSanity akan membantu Anda untuk mengelola Google AdSense serta iklan Anda sendiri. 

Jualah postingan blog Anda yang disponsori

Sebagian blogger tidak ingin menampilkan iklan kepada pengunjung, namun ingin menghasilkan uang. Hal ini karena jika mereka bekerja sama dengan pihak iklan, mereka dapat kehilangan kendali akan konten pada situs tersebut. Beberapa pengunjung juga akan kesal karena iklan tersebut, sehingga dapat membuat banyak pengunjung yang melakukan pemblokiran iklan. Jika hal ini sampai terjadi, tentu saja akan memengaruhi pendapatan Anda. 

Mendapatkan iklan bukan hanya berasal dari iklan. Anda juga dapat menghasilkan uang melalui sponsor. Sponsor tersebut merupakan sebuah perusahaan yang membayar Anda untuk mewakili produk mereka, membicarakannya, dan juga mempromosikannya. 

Menulis review

Menulis ulasan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan artikel sponsor. Anda akan mendapatkan uang dengan menulis review berbayar pada situs Anda. Keuntungan yang menarik dari cara ini adalah Anda dapat mencoba produk atau layanan dari perusahaan tersebut secara gratis, setelah itu Anda akan mendapatkan uang setelah menulis sebuah review. 

Kerjasama yang terjalin hanyalah antara Anda dan pihak perusahaan. Anda dapat meninjau mengenai produk yang relevan dengan blog Anda serta diminati oleh pengunjung. Jika Anda bingung bagaimana untuk memulai cara ini, Anda dapat memanfaatkan situs web lain sebagai pihak ketiga untuk permulaan. 

Hasilkan uang dengan membalik situs web

Maksud dari poin ini adalah Anda dapat menjual situs web milik Anda sendiri. Situs web yang memiliki lalu lintas yang baik memiliki peminat yang lumayan tinggi. Hal ini karena banyak pengusaha membeli situs yang sudah mapan untuk bisnisnya, tidak mulai dari awal. 

Tentu saja harga yang Anda tawarkan tinggi. Cara ini dapat Anda terapkan jika Anda memiliki pengetahuan membangun situs WordPress yang baik. Jika Anda tidak mengetahuinya, maka situs web Anda tidak akan dilirik oleh pasar. 

Anda dapat memanfaatkan situs web seperti Flippa untuk mempertemukan Anda dengan orang yang menginginkan situs tersebut. 

Menjadi influencer dan pembicara dalam sebuah acara 

Saat ini pekerjaan influencer menjadi salah satu pekerjaan primadona. Anda dapat menjadi influencer dari blog Anda pribadi. Bagaimana caranya? 

Jika Anda mempromosikan merek Anda bersama dengan blog Anda, maka lambat laun Anda akan memiliki pengikut yang banyak sehingga dapat menjadikan Anda seorang influencer. 

Jika Anda sudah dikenal oleh banyak orang, maka tawaran untuk menjadi pembicara pada sebuah acara akan datang tiba-tiba. Pada acara tersebut, Anda dapat juga dapat mempromosikan blog serta merek Anda sehingga produk Anda menjadi lebih dikenal. 

Ada beberapa tips untuk Anda sehingga menjadi pembicara yang tepat: 

  • Ahli pada bidang yang Anda sukai. Jika Anda belum menguasai bidang yang Anda sukai, mulailah untuk mempelajari mendalam mengenai hal tersebut. 
  • Bersikap konsisten. Anda perlu konsisten untuk mempromosikan keahlian Anda pada topik tersebut melalui blog dan sosial media Anda. 
  • Memberitahukan mengenai keahlian Anda. Ada dua cara untuk memberitahukan akan diri Anda, pertama yaitu dengan mengunggahnya pada beberapa platform. Kedua, Anda juga dapat menghubungi langsung penyelenggara acara. 
  • Mengambil kesempatan menjadi pembicara pada forum kecil. Semua pembicara hebat dan terkenal memulai karirnya dengan menjadi pembicara pada forum kecil. Forum ini bisa saja forum komunitas dengan gaya yang lebih santai serta gratis. Tidak masalah, karena sekecil apapun forum yang Anda datangi, itu merupakan tempat Anda untuk promosi. 

Dari penjelasan di atas, apakah Anda telah menentukan cara awal yang akan diterapkan? 

Author: Pitnia Ayu Saputri

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *