5 Rekomendasi Plugin WordPress Backup Data Terbaik Tahun 2020

wordpress 2
Perkakas WordPress (source: wpformation.com)

Setiap situs yang berada pada jaringan internet memiliki risiko terkena retas oleh hacker (peretas). Dengan begitu, selain Anda melindungi situs Anda dari peretas, Anda juga harus mempersiapkan cadangan data. Hal ini dapat membantu Anda jika tiba-tiba situs Anda diretas dan tidak dapat dikembalikan seperti awal. Dengan begitu, walaupun Anda kehilangan sebuah situs, Anda tidak akan kehilangan data pada situs tersebut.

Plugin yang ada di WordPress ada 55.000 lebih, jumlah yang sangat banyak. Dan Plugin ini terdiri dari plugin yang gratis hingga berbayar. Tentu, setiap plugin memiliki fungsi, kelebihan, serta kekurangan sendiri-sendiri. 

Saat Anda membuat website, beberapa penyedia hosting akan memberikan layanan backup data. Anda dapat menggunakan cadangan data yang sudah ada tersebut. Namun, cadangan yang itu memiliki kemampuan yang terbatas.

Jika sesuatu yang buruk terjadi pada situs Anda, maka penyedia tidak memiliki tanggung jawab atas keamanan data Anda. Maka dari itu, lebih baik untuk menggunakan plugin tambahan demi mencadangkan data Anda. 

Fitur yang Perlu Anda perhatikan dalam Memilih Plugin Backup Data

plugin
Ikon download (source: pixabay.com)

Banyaknya plugin WordPress yang ada, termasuk di dalamnya plugin backup data. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih plugin yang akan digunakan: 

Backup data base

Plugin backup database merupakan plugin yang menawarkan layanan hanya mencadangkan database WordPress Anda. Plugin ini tidak bertugas untuk melakukan pencadangan bagi file-file lain yang tidak berada pada database Anda. 

Backup secara keseluruhan

Plugin backup data secara keseluruhan merupakan plugin yang menawarkan untuk mencadangkan seluruh situs web Anda. Dengan menggunakan plugin ini, Anda tidak hanya melakukan pencadangan database, namun juga seluruh file WordPress. 

Manual backup

Setiap plugin backup menawarkan fitur manual backup, sehingga saat Anda ingin melakukan pencadangan, prosesnya secara manual. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena manual backup tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengikuti panduan yang ada sehingga proses backup akan berhasil.  

Backup otomatis

Backup terjadwal merupakan plugin yang menawarkan pelayanan pencadangan secara otomatis pada jangka waktu tertentu. Misalkan perminggu, perbulan, atau pertiga bulan. Jika Anda menggunakan plugin ini, Anda tidak perlu khawatir karena data Anda secara otomatis memiliki cadangan. Plugin ini sangat cocok untuk Anda yang sering lupa untuk memeriksa secara rutin WordPress situs. 

Incremental backups

Plugin dengan sistem incremental ini merupakan plugin yang menjalankan proses pencadangan secara otomatis saat ada perubahan pada web. Dengan begitu, setiap ada perubahan yang terjadi, akan langsung melakukan pencadangan. Sistem ini dapat membantu meringankan beban server karena tidak melakukan pencadangan secara penuh. 

Disaster recovery

Plugin dengan sistem ini berguna saat terjadi permasalahan saat proses backup. Misalnya saat Anda upgrade versi WordPress namun gagal, maka plugin akan mengembalikan web ke versi sebelumnya. Seluruhnya akan kembali ke versi sebelumnya tanpa ada yang hilang, sehingga Anda tidak akan kehilangan satupun data Anda. 

Downloadable backups

Hampir seluruh plugin backup menawarkan fitur ini. Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan penyimpanan data secara offline.

Tempat Penyimpanan Data Cadangan

Saat ini, teknologi semakin canggih. Anda tidak hanya dapat menyimpan cadangan pada server Anda sendiri, namun juga pada tempat penyimpanan lain. Seperti Dropbox, Google Drive, maupun Amazon S3. Dengan begitu, diharapkan akan meningkatkan keamanan serta Anda dapat memulihkan file saat terkena retas. 

Rekomendasi Plugin Backup Data Terbaik 2020:

UpdraftPlus

wordpress 1
Plugin UpdraftPlus (source: wpformation.com)

UpdraftPlus merupakan plugin backup data gratis dan telah digunakan lebih dari 2 juta situs web. Plugin ini merupakan salah satu plugin yang menawarkan situs download, sehingga Anda dapat menyimpan cadangan pada komputer Anda. 

UpdraftPlus juga menawarkan fitur backup otomatis sesuai permintaan Anda, sehingga Anda tidak perlu mencadangkan secara manual. Data Anda dapat secara otomatis masuk ke Dropbox, Google Drive, FTP, SFTP, dan beberapa layanan penyimpanan lainnya. 

Selain gratis, plugin ini juga menawarkan layanan berbayar dan tentunya dengan tambahan fitur yang akan Anda dapatkan. Fitur tersebut terdiri dari migrasi situs web, mengganti database, dukungan multisite, serta fitur lainnya. Dengan menggunakan akun premium ini, Anda akan mendapatkan dukungan yang prioritas. Tidak ada salahnya untuk menggunakan versi premium. 

VaultPress (Jetpack Backups)

Plugin ini merupakan salah satu plugin untuk mencadangkan data yang dikembangkan secara mandiri oleh Matt Mullenweg (co-founder WordPress). Saat ini VaultPress masuk ke dalam JetPack, sehingga jika Anda ingin menggunakan plugin ini, harus memiliki paket JetPack. 

VaultPress menawarkan layanan untuk menyimpan cadangan data Anda secara otomatis perhari. Selain itu, plugin ini juga dapat melakukan pemindaian keamanan secara teratur, sehingga akan membantu dalam mengidentifikasi potensi ancaman. 

Terdapat beberapa kelemahan dari VaultPress, yang pertama yaitu biaya layanan dapat bertambah jika Anda memiliki beberapa situs WordPress. Kedua, Anda harus berlangganan JetPack untuk menggunakan plugin ini. Ketiga, cadangan hanya disimpan selama 30 hari pada paket yang lebih rendah. Jadi, jika Anda menginginkan cadangan tanpa batas, Anda perlu membayar lebih. 

BackupBuddy

Backupbuddy merupakan plugin yang populer dan telah digunakan lebih dari setengah juta pengguna WordPress. Plugin ini menawarkan fitur untuk mencadangkan secara otomatis perhari, perminggu, atau perbulan. Data cadangan Anda akan tersimpan pada penyimpanan cloud yang dapat Anda pilih. 

Keuntungan yang akan Anda dapatkan yaitu layanan berbasis langganan, sehingga tidak ada biaya perbulan yang akan Anda keluarkan. Selain itu Anda akan mendapatkan akses premium, pembaruan rutin, serta penyimpanan Stash 1GB. 

BackWPUp

BackWPUp merupakan plugin backup data gratis lainnya yang dapat Anda gunakan. Plugin ini sudah digunakan lebih dari 600.000 lebih situs web. BackWPUp menawarkan layanan premium dengan beberapa keuntungan, pertama dapat mencadangkan data ke beberapa penyimpanan. Kedua, dapat menyinkronkan file di Google Drive, dan Dropbox. Ketiga, Anda dapat mencadangkan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Duplicator

Duplicator merupakan plugin yang dapat Anda gunakan untuk melakukan migrasi situs WordPress serta mencadangkan data. Plugin ini merupakan plugin gratis ketiga terbaik tahun 2020.

Keuntungan dari plugin ini yaitu kemampuannya untuk mengkloning situs Anda. Dengan menggunakan Duplicator, Anda dapat mengonfigurasi kloning secara serentak dan otomatis. Selain itu, Anda juga dapat melakukan migrasi ke lokasi yang berbeda secara otomatis sehingga sangat menghemat waktu Anda. 

Salah satu kelemahan dari Duplicator yaitu hanya menawarkan layanan backup secara manual, sehingga Anda tidak dapat menjadwalkan secara otomatis. 

5 Rekomendasi plugin dapat Anda jadikan pilihan untuk plugin yang ingin Anda gunakan dalam situs web. Sesuaikanlah dengan kebutuhan dan kapasitas web Anda. 

Author: Pitnia Ayu Saputri

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *